Jakarta Pendowo Jakarta Pendowo Jakarta Pendowo

Kanthi sesanti .. Joyo joyo wijayanti .. Rahayu ingkang pinanggih

Nuwun

Cari Sesuatu di dalam Blog Ini?

Memuat...

10 Mei 2011

Roti Bagelen




Minggu kemarin saya pulang dari kantor iseng2 masuk ke sebuah toko swalayan yang ada di jalan Salemba. Secara gak sengaja, saya ke bagian roti. Disana saya jumpai satu label roti: "ROTI MINI BAGELEN". Wah, bikin saya penasaran. Saya beli 2 bungkus Roti Bagelen. Ketika dalam perjalanan saya baca bungkusnya, kok ternyata produksi dari Bandung. Lalu saya coba buka satu bungkus dan saya makan. Hmmm... enak jg rasanya. Bikin tambah penasaran, kenapa namanya roti bagelen? Setelah ngubek2 mbah Google, saya pun tau kalo roti bagelen tuh asalnya dari Purworejo. Berikut tulisan yang saya temukan dari mbah Google:

_________________________________________________________________

Siapa yang tidak kenal Roti Bagelen? Dulu saya kira roti ini termasuk makanan import ternyata asal muasal roti ini dari Purworejo.

Roti yang secara tradisional berasal dari Purworejo, Jawa Tengah ini, mulai unjuk gigi. Penjualannya sudah banyak yang memasuki pasar swalayan dengan kemasan menarik.

Bagelen, sebetulnya, adalah nama sebuah daerah di Purworejo, Jawa Tengah. Tapi, kemudian, nama itu ngetop menjadi nama sebuah jenis roti kering. Sebabnya, tentu saja, karena dulu di Bagelen banyak perajin roti kering. Mereka menyebutnya roti "adu maning".

Namun, setelah berkembang ke berbagai daerah, sebutan "adu maning" digantikan dengan nama Bagelen. Sejak itu, Roti Bagelen yang berbentuk bulat (roti pada burger) atau lonjong banyak dijumpai di pasar atau kios-kios makanan kering di luar Purworejo, seperti Yogyakarta dan Solo bahkan hingga keluar pulau jawa. Pembuatannya pun, sudah banyak dilakukan oleh pengusaha-pengusaha di luar Purworejo.

Dapet resep cara buat bagelen praktis karena sekarang musim dingin, susah juga kalo mesti bikin bagelen dari awal. Jadi memanfaatkan sisa roti yang ada bisa deh kita bikin bagelen praktis sendiri. Dimodifikasi dengan topping keju diatasnya..^_^

Bahan :
1 buah roti tongkat, belah memanjang, potong-potong selebar 5 cm

Bahan lapisan :
50 gr mentega
25 gr mentega putih
40 gr tepung gula

Cara membuat :
1. Kocok rata bahan lapisan
2. Oleskan lapisan di atas roti
3. Oven 25 menit dengan suhu 150 derajat celcius sampai kering

TIPS :
Kalau bentuk roti ingin betul-betul roti bagelen, gunakan roti burger ukuran kecil.

Sumber : CoPas dari Roti Bagelen|Jajanan.com

__________________________________________________________________

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar