Jakarta Pendowo Jakarta Pendowo Jakarta Pendowo

Kanthi sesanti .. Joyo joyo wijayanti .. Rahayu ingkang pinanggih

Nuwun

Cari Sesuatu di dalam Blog Ini?

04 Mei 2009

Kangen Kampung, Dengar Radio

Di Jakarta ini ada beberapa radio yang memang sebenarnya dikhususkan atau disegmentasikan bagi pendengar orang-orang jawa yang merantau ke Jakarta. Kebanyakan sih pada gelombang AM. Kalau di gelombang FM hanya satu, yaitu radio Kayumanis (RKM) yang dapat didengarkan pada gelombang 97,95FM. Saya biasanya mendengarkan saat malam hari, yakni pada malam sabtu dan kadang pada malam minggu. Di malam sabtu, acaranya adalah Campursari dari jam 21.30 sampai jam 22.30. Kemudian dilanjutkan acara sandiwara radio bahasa jawa hingga jam 12 malam.

Lain lagi kalau di gelombang AM. Kalau tidak salah ada empat radio. Yang paling sering saya ikuti adalah radio Puspa Dwi Swara Cipta (P2SC) di gelombang 936AM. Setiap hari kerja pada jam 06.00-09.00 dan jam 13.30-17.00 ada acara yang berganti-ganti. Terkadang Campursari, kadang gendingan jawa. Di sini juga dapat kirim-kirim salam dan pada tiap bulannya untuk minggu pertama biasanya diadakan pertemuan keluarga besar Purworejo (arisan Purworejo). Kalau berkenan hadir tanpa ikutan arisan pun diperbolehkan. Intinya acara ini adalah temu kangen orang-orang yang berasal dari Purworejo. Tempo-tempo tertentu ada hiburan orgen tunggal "Sekar Bagelen" asuhan bapak Sakino Hadi (teman karib Bapak-Lungsiman Utomo- saya).


Pada gelombang 666AM ada radio SBY yang tidak ada hubungannya dengan pak SBY yg presiden itu. Radio ini saya suka karena setiap harinya selalu memutarkan lagu-lagu campursari (terutama kalau penyiarnya mas Bambang Rahwanto yang ketemu pak Gatot "Gareng" Rengganis) dan keroncong. Kalau tuner radio digeser ke kiri sedikit pada 630AM maka akan terdengar radio Samhan yang sebelumnya bernama radio I-Nyong. Radio ini sama seperti radio SBY, hanya saja pemutaran lagu campursari dimulai pada pukul 10 pagi.

Satu lagi radio yang sebenarnya belum pernah saya dengar adalah radio Safari 1080AM. Sangat susah untuk mendapatkan siarannya. Saya hanya tahu bahwa radio Safari ada dari iklan di majalah DamarJati (majalah berbahasa jawa). Dan menurut website KPI sih isi siarannya sangat buruk terutama iklannya yang sangat banyak-kebanyakan iklan biro jasa santet dan teluh atau penglaris untuk dagang :(

Saran saya sih dengarkan empat radio yang saya sebutkan pertama. Dengarkan RKM, P2SC, SBY, dan Samhan karena saya sudah pernah mendengarkan sehingga saya pun sudah menilai bahwa radio tersebut baik untuk didengarkan.

Nah kiranya demikian dulu ulasan tentang radio Jawa di Jakarta dari saya. Lain kali akan saya ulas mengenai majalah atau apapun yang ada kaitannya dengan nama blog ini. Semoga. Nuwun. . . .

4 komentar:

  1. RKM FM sduah gak ada siaran jawanya lagi ya mas?? :(

    BalasHapus
  2. Radio safari tetap de best siaran jawanya dr pagi sampe pagi lagi nonstop walaupun iklannya agak berbau mistis tp itulah jg daya tariknya sesuai dgn budaya jawa jadi mengena banget jawanyA, sekali lagi de best radio safari, menurut data gel safari 1080 am tp kalo dicek pake digital radio digelombang 1134 jd tidak semua radio bisa menangkap krn yg jiwanya sdh menyatu pasti bisa menangkap siarannya he he sedikit mistis....selamat mendengarkan radio org jawa jakarta RADIO SAFARI

    BalasHapus
  3. Didominasi siaran wayang kulit, kecuali mlm jum'at. Tapi kwalitas suara sangat jelek untuk wilayah bekasi & jakarta timur, bahkan beberapa hari belakangan hilang sama sekali. Radio safari bagus tspi perlu perbaikan.

    BalasHapus
  4. Didominasi siaran wayang kulit, kecuali mlm jum'at. Tapi kwalitas suara sangat jelek untuk wilayah bekasi & jakarta timur, bahkan beberapa hari belakangan hilang sama sekali. Radio safari bagus tspi perlu perbaikan.

    BalasHapus