Jakarta Pendowo Jakarta Pendowo Jakarta Pendowo

Kanthi sesanti .. Joyo joyo wijayanti .. Rahayu ingkang pinanggih

Nuwun

Cari Sesuatu di dalam Blog Ini?

18 Mei 2009

Syuruq Yang Luar Biasa!!!


Ya!!! Syuruq yg luar b iasa!!! Itulah judulnya. Ada yg tahu apa itu syuruq??? Syuruq adalah waktu setelah waktu subuh dimana matahari baru menampakkan sinarnya saja. Kalau ada yang pernah lihat kalender hijriah yg ada jadwal sholatnya pasti ada. Waktunya hanya beberapa menit setelah subuh.

Nah. . . kebetulan pada tanggal 18 Mei saat saya ke Masjid Al Akbar, saya membawa kamera foto saya. Saya berjalan menuju masjid tak begitu jauh. Ya boleh dibilang hanya "Mlumpat Kali", bukan kali beneran, tapi hanya istilah karena jaraknya sangat pendek. Tak lama setelah selesai sholat, saya kemudian duduk-duduk di tangga masjid. Lumayan menunggunya karena menunggu adalah pekerjaan yang paling membosankan, katanya. Tapi disaat menunggu inilah saya juga mendapatkan banyak "ilmu". Tak banyak memang jamaah masjid.


Satu persatu keluar dan melewati saya. Ada yang membicarakan tentang sholat yg baru saja selesai: "Tadi sholatnya gak qunut ya???". Yang diajak bicara dengan sedikit tertawa mengiyakan dan ngobrol pun berlanjut hingga mereka keluar gerbang masjid.


Ada pula jamaah yang tampilannya agak meyakinkan, memakai gamis dan sorban. Mereka juga membicarakan hal yang sama. Hampir semua jamaah membicarakan hal yang sama!!! Ketika itu sinar matahari sudah mulai muncul shingga di cakrawala terwarnai dengan warna biru yang indah. Di saat itulah saya mulai beranjak untuk berkeliling masjid. Hasilnya adalah seperti foto-foto yang saya upload ini. Biru yang indah, warna-warna langit syuruq yang luar biasa. Tapi semua orang yang tadi sholat di masjid abai akan hal itu. Sama saja dengan politisi kita. Mereka selalu membicarakan hal yg sama. Mereka terlalu sibuk berdebat dan lebih senang berdebat.

Padahal didepan mata mereka ada sesuatu yg lebih. Sayang ya! Karena terlalu sibuk ngobrol, jadi abai pada suatu keindahan. Dan dari keindahan itu tersembunyi kekuatan dan kekuasaan Sang Pencipta. Mari nikmati manfaat indera untuk bersyukur. Mari. . . .

3 komentar:

  1. subhanallah... coba saya jg bisa melihatnya waktu itu.

    BalasHapus
  2. subhanallah...

    Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda:
    مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ
    “Barangsiapa yang shalat shubuh dengan berjama’ah kemudian dia berdzikir kepada Allah Ta’ala sampai terbitnya matahari lalu dia shalat dua raka’at, maka pahalanya seperti pahala berhaji dan ‘umrah, sempurna, sempurna, sempurna.”
    (HR. At-Tirmidziy no.591 dan dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albaniy di dalam Shahih Sunan At-Tirmidziy no.480, Al-Misykat no.971 dan Shahih At-Targhiib no.468, lihat juga Shahih Kitab Al-Adzkaar 1/213 karya Asy-Syaikh Salim Al-Hilaliy)

    BalasHapus